www.flickr.com

13 June 2006

Siapa Aku Ini?

Siapa aku ini? sekilas sangat mudah sekali untuk menjawabnya. Aku adalah si A... aku adalah si B... namun jika kita coba memahami lebih dalam makna pertanyaan itu, siapakah aku ini, bukan siapa namamu, atau apa statusmu, tapi siapa kamu ini? Aku adalah papah dari anak ku, tapi apakah aku sudah benar-benar menjadi seorang papah yang baik? aku adalah suami dari istriku, tapi apakah aku sudah menjadi suami yang baik? aku adalah hamba Allah SWT, heh... tapi apakah aku sudah menjadi hamba yang benar-benar taat?

Islam KTP, menyedihkan sekali mendengar istilah tersebut Islam hanya sebagai status. Sama halnya seperti kata suami yang hanya sebagai status jika kita berada dirumah. Masyaallah, inilah fakta yang saat ini terjadi disekeliling kita semua.

Sehingga sangat tepat sekali jika kita bertanya pada diri kita masing-masing, 'siapa aku ini?' dan mulailah menjawab dengan sejujur-jujurnya. Karena kebanyakan dari kita hanya mengatakan bahwa aku adalah Islam, tapi kita tidak pernah sholat atau menjalankan ibadah lainnya. Aku adalah pria beristri namun masih saja tetap berhubungan dengan banyak wanita lain yang bukan muhrim. Jadi sepertinya kita sendiri saja malah sudah tidak mengenali diri sendiri lagi. Lalu bagaimana kita ingin dapat mengenal-Nya? jika mengenali diri sendiri saja sudah tidak bisa?

Dari kenyataan tersebut aku akhirnya menyadari, kenapa selama ini aku tidak dapat benar-benar mengenali Allah, dan mencintai serta dicintainya. Karena untuk mengenali diriku sendiri yang sebenarnya saja aku tidak bisa. Sehingga untuk memulai mengenal Allah, mulailah mengenali diri sendiri dulu, dan jika kita sudah bisa mengatakan dan mengenali diri kita sebenarnya. Mengetahui semua kekhilafan dan kekufuran kita serta bertobat untuk tidak mengulanginya lagi. Barulah kita dapat mengenal Allah.

Jadi jangan harap kamu dapat mengenal Allah, jika untuk mengenali dirimu sendiri saja kamu masih belum mampu.

1 Comments:

At 26/11/08 22:33, Anonymous Anonymous said...

pertnyaan sperti apa supaya kita bs mengenali diri kita sendiri?
Dengan kelebihan kekurangan dan keunikan didalam diri kita sendiri.
saya tgu d blog sya... mnta bntuan utk proyek sya ini trims. www.inggit-ewaldus.blogspot.com

 

Post a Comment

<< Home