www.flickr.com

18 June 2006

Menuju Islam Sebenarnya

Aku memang sudah mulai melakukan shalat, sudah mulai meninggalkan yang mungkar dan menjalankan yang ma'ruf. Tapi didalam ibadah ku, ditiap shalatku dan do'a ku aku merasakan ada sesuatu yang kurang. Sesuatu yang aku rasakan hampa dan tiada arti. Beberapa hari ini aku renungi dan aku mulai temukan jawabannya mengapa...

Ditiap shalatku aku berniat, aku membaca ayat-ayat suci Al-Quran, tapi aku tidak mengetahui apa artinya. Lafazh dalam bahasa Arab yang keluar dari mulutku sama sekali aku tidak tau apa artinya. Do'a yang aku panjatkan juga sama sekali aku tidak memahami apa yang aku minta kepada Allah, meskipun aku hafal betul do'a tersebut dalam bahasa Arab.

Ya Allah, mungkin inikah yang membuat shalat ku, do'a ku dan tadarus ku selalu terasa hampa? Aku dapat membaca huruf-huruf dalam Al-Quran, aku hafal beberapa surah, tapi aku tidak mengerti artinya. Masyaallah... apakah itu yang selama ini setelah sekian tahun ini membuat aku tidak pernah benar-benar dapat memahami 100% apa arti dari ibadah yang aku lakukan selama ini. Lebih dari 20 tahun, baru kali ini aku tersadar. Itulah salah satu kesalahanku, aku mengerti Islam, aku menjalankan Islam, tapi aku tidak memahaminya.

Karena itulah aku akhirnya kembali memulai untuk meng-Islamisasi diriku. Memulai langkah yang menuju Islam yang sebenarnya. Islam yang aku mengerti, aku hafal, aku amalkan dan aku pahami. Aku memulainya dengan membaca kembali buku-buku ajaran agama Islam, mulai semuanya dari awal lagi, tidak hanya untuk menghafal lafaznya saja tapi juga untuk memahami arti dari tafsirnya, mulai dari yang terkecil, mulai dari niat wudhu apa arti dan maksud dari niat itu, dan seterusnya aku ingin mengerti dari semua apa yang aku lafaz kan saat aku sholat, saat aku berdo'a sampai saat aku tadarus... aku ingin memahami semuanya.

Aku akan memulai perjalanan menuju islam ini sendirian, tapi aku tidak ingin menyimpannya untuk diriku sendiri, aku ingin berbagai untuk saudaraku yang mungkin juga saat ini merasakan hal yang sama, yang juga beribadah dalam kehampaan. Untuk sambil memulai perjalanan ini aku telah memperiapkan sebuah situs lain, sebagai catatan dari hasil perjalanku, semoga bermanfaat bagi orang lain, semoga dapat menjadi koreksi pula bagi diriku kelak. Amin.

Islamisasi: Menuju Islam Sebenarnya. adalah situs yang aku persiapkan sebagai situs yang akan menjadi catatan dari tiap langkahku menuju Islam sebenarnya, dan semoga situs ini akan bermanfaat kelak bagi umat.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home