www.flickr.com

13 October 2005

Darkside?

Terlalu lama berada di dunia nyata bergelut dengan urusan bisnis. Membuat aku seakan terlupa pada sisi lain kehidupanku. The Darkside of the Net, ah... sudah semakin tua saja aku ini. Melihat mereka-mereka yang dulu sering kita sebut-sebut sebagai junior atau newbie, kini sudah begitu expert dan mungkin layak disebut sebagai master. Sementara satu persatu hacker yang satu angkatan dengan ku, mulai menghilang satu demi satu ditelan kesibukan dunia nyata masing-masing. Ya... inilah kenyataan perjalanan hidup seorang hacker.

Hal yang sama pernah berlaku bertahun-tahun yang lalu, disaat kami hiruk pikuk menentang sebuah kelompok admin/hacker senior pada masa itu. Satu dari persatu merekapun menghilang, kemudian giliran kami yang merajai sisi gelap itu. Kini kamipun telah mulai menghilang.

Meski aku sendiri hanya berpindah profesi sedikit dari seorang hacker fun-ego menjadi programmer profit oriented, tapi rasanya aku sudah benar-benar melupakan rasanya menjadi seorang hacker. Meski cara hidup dan kerja kurang lebih sama, namun sekarang semua ternilai dengan uang. Yah... itulah hidup, suatu saat nanti kalian akan merasakannya cepat atau lambat.

Jadi tetaplah optimis... hacker is not a bad choice. Menjadi hacker bukanlah sesuatu yang buruk, dan bahkan dari sanalah ilmu terbaik yang bisa kalian dapatkan, sampai nanti suatu saat kalian akan mulai mengerti... bagaimana memanfaatkan hal tersebut untuk mencari uang dengan cara yang legal, profesional dan halal.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home