www.flickr.com

08 August 2005

Berbeda

Setelah beberapa hari disibukkan dengan berbagai urusan keluarga, setelah meninggalnya mama mertuaku dan pesta pernikahan adik iparku yang hanya berselang beberapa hari. Aku kembali menyibukkan diri dengan pekerjaan dan bisnisku. Selama beberapa hari itu, aku menjadi lebih dekat dengan keluarga dari istriku, membuatku lebih mengerti bagaimana cara mereka memandang dan menjalani hidup yang sangat singkat ini. Dan aku tersenyum sekaligus menitikkan air mata... semua sangat berbeda.

Aku tidak dapat menyebutkan bahwa cara pandang dan bagaimana aku menjalani hidup ini adalah paling benar. Tapi aku hanya bisa mencontohkan bahwa hanya dengan bermodalkan keahlian, kegigihan dan kepercayaan, aku telah berhasil meraih apa yang aku cita-citakan selama ini, menjadi mandiri, memiliki usaha sendiri, dan perlahan menuju kemapanan. Tak satu rupiah pun orang tua ku pernah memberiku modal, selain pelajaran untuk selalu jujur, adil, hidup mandiri, bertanggung jawab dan tidak takut untuk berbeda.

Bertahun-tahun aku telah merasakan bagaimana orang-orang yang tidak sepaham dengan ku selalu mengkritik, menghina dan bahkan memfitnah, hanya karena aku berpikir berbeda. Namun aku tidak pernah takut untuk menjadi berbeda karena satu hal yang aku yakini benar. Karena aku yakin segala sesuatu yang diawali dengan niat untuk selalu jujur, mempertahankan keadilan serta selalu bertanggung jawab atas hak maupun kewajiban, akan selalu membuahkan hasil yang manis, meskipun melalui perjalanan yang teramat pahit. Alhamdulillah Allah selalu membuktikan bahwa keyakinan yang ku miliki itu meskipun berbeda selalu benar adanya. Dan ini tidak hanya terjadi satu dua kali, melainkan berkali-kali dalam hidupku.

Sehingga aku tidaklah pernah takut untuk menjadi berbeda selama hati kecilku yakin bahwa perbedaan itu benar adanya.

Budi adalah Budi, kalau bukan begitu maka bukan Budi namanya --- masih hangat aku ingat apa yang dikatakan oleh seorang rekan, ketika dia ditanyai oleh seseorang, kenapa aku bersikap seperti itu.

JANGAN TAKUT UNTUK MENJADI BERBEDA KALAU KAMU YAKIN ITU ADALAH BENAR --- KARENA ORANG-ORANG YANG BERHASIL ADALAH ORANG-ORANG YANG BERANI MENJADI BERBEDA DARI ORANG KEBANYAKAN.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home