www.flickr.com

11 June 2005

eXPeriment Linux

Benar-benar sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan. Bereksperimen dengan Linux. Sejak dua hari terakhir ini aku habiskan waktuku untuk bereksperimen dengan Linux Redhat 9. Hasilnya sangat menyenangkan dan memuaskan. Tapi tentunya kepuasan itu tidak akan berhenti disini saja.

Adapun pencapaian dari eksperimen Linux Redhat 9 ini adalah :

1) LinuXP! --- menghadirkan desktop WinXP kedalam desktop Linux.
2) Firefox --- web browser menggantikan Mozilla browser (default RH9).
3) Gimp 1.3 --- menggantikan Gimp (0.x), kini support MSN dan YM.
4) Wine --- emulator aplikasi Windows (sukses uji coba notepad.exe), secepatnya untuk game.
5) YMessanger! --- official Yahoo Messanger client.

Selanjutnya adalah :

1) LinuXP! --- kustomisasi Login Screen dan Splash Screen.
2) Wine --- uji coba game Ragnarok, MU, dll.
3) Simple Pack --- untuk warnet dengan segala kustomisasi dan sekuritinya.
4) Samba --- uji coba konektivitas dengan Windows Network.
5) lain-lain.

Sebenarnya aku masih sangat ingin terus bereksperimen malam ini, tapi sayang sekali aku sudah benar-benar sangat letih dan mengantuk. Aku sudah menghabiskan 24jam nonstop dengan 3 kali reinstall from scratch. Namun satu hal yang membuat ku terhibur, kenyataan bahwa aku tidak salah memilih distro. Dimana aku temukan begitu banyak dokumentasi, tutorial dan aplikasi yang mendukung distro ini.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home