www.flickr.com

01 June 2001

Official Press Release


Mengenai artikel Jasakom (S`to)



(meditation has make me wise man)
Bukan main terkejutnya gue ketika dicaci maki oleh S`to (Susanto) salah seorang admin Jasakom mengenai pembobolan server Brinkster, yang gue sendiri tidak mengetahui hal tersebut. Hanya karena saat itu gue menggunakan nick fabianclone. Dan nick itu sendiripun baru saja gue gunakan kurang lebih tiga minggu. Dan nick fabianclone bukanlah milik Fabian K. (admin Compaq), karena Fabian K. menggunakan nick FC.
Saat itu juga S`to (Susanto) memaksa gue untuk memasuki server Jasakom (Brinkster) tanpa alasan yang jelas. Terus terang malam itu juga gue sedang menjelajahi isi server IndosatNet. Sampai besok paginya gue laporkan kebocoran server itu kepada Kurniawan & Suryo (admin IndosatNet) dan Donny B.U (reporter detik.com). Gue putuskan untuk tidak mengekspos hal tersebut bersama hasil deface lainnya (plnjaya & b2boptik) karena mengingat reputasi PT.Indosat di dunia internasional.
Mengejutkan sekali saat S`to (Susanto) kembali mencaci-maki gue dengan menunjukkan hasil deface di b2boptik yang telah di modifikasi. Terus terang gue cukup tersinggung dengan isi deface tersebut yang mengatas namakan gue (fabianclone) dan masih dalam format html yang sama. Gue bertambah curiga terhadap tingkah laku S`to (Susanto) yang tampak kehabisan akal untuk memojokkan gue, karena gue masih punya deface asli yang di mirror oleh alldas.de.
Beberapa jam kemudian kembali S`to (Susanto) mengejutkan gue dengan artikel yang dia tulis di Jasakom. Saat itu dia menanyakan gue apakah gue keberatan, dan dia bersedia memodifikasi. Namun ternyata artikel tersebut tidak dirubah, sehingga isinya sangat kurang mengenakkan posisi gue.
Pagi harinya gue mendapat telpon dari Indosat mengkonfirmasi masalah bugs di server mereka. Jam 12 siang saat gue bikin tumis cumi saos tiram, orang-orang dari Konsultan Bandung menelpon gue untuk segera menyelesaikan sebuah proyek di pemerintahan di kota gue. Sekitar dua hari gue off chating dan internet (back to work) he he he.
Malam hari ke tiga usai dari proyek, gue sempatkan untuk menjenguk #betalmostdone. Dan betapa mengejutkan sekali ketika tiba-tiba seorang rekan gue Crafter`13 (Ryan dari Malaysia) melontarkan caci maki yang saat tidak beradab, tanpa menjelaskan terlebih dahulu permasalahnya. Memang gue akui Ryan suka membuat masalah terhadap anak-anak lain, contohnya menembak named di server scoix.com sehingga server tersebut crash dan me rm -rf server yang sedang di deface Tr0ya (Hilman). Tingkah laku iseng Ryan tersebut selalu dimaafkan oleh saya sendiri juga teman-teman. Dan mungkin begitu pula dengan tingkah lakunya kali ini.
Yang jelas gue sudah cukup terganggu dengan ulah orang-orang yang selalu sirik. Ingatlah "sirik tanda tak bisa", gue inget ketika Bosen (Agus) selalu mengatakan itu. Saya sendiri maupun FC (Fabian K.) tidak pernah mempermasalahkan hal ini. Namun pada kenyataannya pihak Jasakom yang servernya sebentar lagi pindah khususnya S`to (Susanto) tidak mempunya pemikiran yang sama dengan kami. Jadi siapakah yang bersifat kekanak-kanakan? siapakah yang mengadu domba? Agaknya gue tidak perlu menjelaskannya, Anda semua sudah cukup dewasa untuk menilainya.
Sebenarnya ini berkaitan dengan kondisi bisnis Jasakom sendiri. Artinya dibobolnya server mereka oleh FC (Fabian K.) cukup membuat coreng wajah mereka yang mengaku sebagai pemerhati sekuritas internet atau pentutorial hacker (maaf kalau saya salah). Dimana sih mau taruh muka bicara tiap hari masalah hacking dan sekuriti eh server sediri bolong. He he he. Viva betalmosdone`d.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home